selamat datang di gumelar.blogspot.com

Sabtu, 02 Mei 2009

Banyak Jalan Menuju Gumelar

( kondisi Jalan Utama & Jalan Alternative menuju ke Kecamatan Gumelar )


Hal unik yang ada di kecamatan Gumelar salah satunya adalah memiliki Kantor Polisi Sektor (POLSEK) yang mempunyai halaman terpanjang di Indonesia. Karena lokasi kantor tersebut berada persis di ujung ( pol-polan dalan/buntu ) jalan Raya Gumelar – Ajibarang, dan jalan tersebut merupakan satu-satunya jalan menuju ke kecamatan Gumelar. Lalu apakah sekarang kondisinya masih seperti itu ? dalam tulisan berikut kami akan mencoba menjelaskan.

Jalan Utama
Selama puluhan tahun Kecamatan Gumelar ( kecamatan paling ujung barat Kabupaten Banyumas ) hanya mempunyai satu akses jalan yaitu diawali dari Desa Karang Bawang ( pintu pertama masuk dari jalan utama Ajiibarang Wangon ), kemudian Desa Darma Kradenan ( dua desa ini berada di kecamatan Ajibarang ), Desa Paningkaban, Desa Cihonje, Desa cilangkap dan desa Gumelar ( Ibukota kecamatan ). Sehingga bagi siapapun yang akan menuju ke Ibu Kota Kecamatan Gumelar dipastikan akan melaewati jalan tersebut.


Kondisi Jalan utama satu-satunya menuju kecamatan Gumeler ini dulunya sangat memperihatinkan. Sepanjang jalan penuh dengan lubang, sehingga sulit membedakan antara jalan dengan sungai kering, dan jika musim hujan menjadi sungai beneran. Dulu orang luar Gumelar alergi jika harus ke Gumelar ( termasuk para pejabat Tingkat Kabupten) Karena ketika ke Gumelar sudah terbayang jalan sempit yang bekelok, penuh lubang dan mendaki ( kayak lagunya Iwan Fals ). Dan cerita jalan rusak ini dinikmati masyarakat Gumelar selam puluhan Tahun.


Jalan Gumelar Mulai ada perubahan kondisi ( semakin baik tentunya ) mulai tahun 2000 an dan jalan tersebut sekarang kondisinya relative paling baik di antara semua akses jalan meuju ke kecamatan Gumelar. Dan jalan ini memang paling diperhatikan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Banyumas dan sekarang setiap tahun dilaksanakan pemeliharaan rutin sehingga tidak sampai terjsadi rusak parah. Hampir semua kendaaraan bisa melewati jalan ini. ( jika ingin melihat kondisi jalan Gumelar sekarang silahkan klik web berikut www.jalangumelar.wordpress.com.


Panjang Jalan Utama menuju ke Kecamatan Gumelar Kurang lebih 18 km. jika dimulai dari jalan Utama Jurusan Ajibarang Wangon di desa Karang Bawang Kecamatan Ajibarang.

Jalan Alternatif
Pada pertengahan 80an Pemerintah Daerah Kabupaten Banyumas telah meririntis jalan alternative lain yaitu

1.
Jalan melalui rute Desa Darmaji kecamatan Lumbir, Desa Paningkaban, Desa Cihonje, Desa Cilangkap kemudian Desa Gumelar.

2.
Rute melalui Desa Tayem, Desa Darmaji Desa Paningkaban,Desa Cihonje, Kemudian desa Gumelar.

3.
Melalui Desa Kracak, Desa Cibangkong,Desa Gancang Desa Kedung Urang Desa Cihonje , kemudian Desa Gumelar.

4.
Melalui Desa Patuguran, Desa Samudra, Desa Samudra Kulon Kemudian Desa Gumelar
Ketiga jalan alternatife di atas sudah pernah di aspal sehingga pada saat itu layak dilalui kendaraan. Namun karena kualitas pengaspalanya jelek maka hanya sebentar ( tidak lebih dari 2 bulan ) jalan tersebut bisa dimanfaatkan oleh masyarakat setelah itu tidak dapat dilalui lagi. Setelah rusak Pemerintah Daerah Kabupaten Banyumas selama puluhan tahun tidak pernah lagi memperbaiki , kemudian diperparah dengan adanya penebangan Pinus besar-besaran yang dilakukan oleh PERHUTANI, dan kendaraan pengangkut kayu hasil tebangan tersebut sukses memperparah kondisi jalan

Dengan keadaan tersebut jika sewaktu-waktu jalan satu-satunya menuju Kecamatan Gumelar putus maka tidak ada jalan lain yang bisa ditempuh dengan kata lain Gumelar terisolir.

Kondisi Jalan Alternatif Sekarang
Setelah puluhan tahun tidak diperbaiki pada tiga tahun terahir Pemerintah Kabupaten Banyumas mulai memperhatikan kondisi jalan alternative menuju kekecamatan Gumelar. Sehingga kondisi jala-jalan tersebut relative lebih baik dan sudah layak dilalui kendaraan. Di bawah ini akan kami jelaskan kondisi jalan alternative menuju ke kecamatan Gumelar.

1.
Jalan dari arah Desa Darmaji Kecamatan Lumbir ( Dari jalur utama Wangon – Bandung ), melalui Desa Paningkaban, Desa Cihonje, Desa Cilangkap ( Plangon ) Dan Desa Gumelar .
Kondisinya sudah lumayan baik sehingga hampir semua kendaraan kecil dan sedang bisa melalui jalan ini. Apabila warga Gumelar hendak ke Majenang, Pengandaran atau ke Bandung atau sebaliknya akan lebih dekat melalui jalan ini ( bisa menghemat kuang lebih 15 kilo meter ). Dan berdasarkan informasi dari Pemerintah rencananya jalan ini pada tahun 2008 akan dilakukan perbaikan ( pemeliharaan )

2.
Jalan dari Gancang/Kedungurang, melalui Ciwaras ( Sebuah Grumbul di Desa cihonje ) Jalan ini juga sudah layak dilalui kendaraan baik mobil maupun motor. Namun karena medan jalan cukup berbahaya karena curam , banyak tikungan dan sempit maka bagi yang tidak biasa melalui jalan ini tidak disarankan. Sebenarnya bagi siapapun yang akan menuju ke kecamatan Gumelar dari desa Gancang atau Kedung Urang melalui jalan ini bisa memperpendek jarak sampai 20 kilo meter.

3.
Jalan dari Windu Aji ( Patuguran/waduk Penjalin kabupaten Brebes ) Kondisi jalan ini masih belum sepenuhnya layak. Sebetulnya jalan yang berada di wilayah Kabupaten Banyumas yaitu dari Karang Anyar ( sebuah Grumbul Di desa Gumelar ) melewati Desa Samudra Kulon, Desa Samudra ( renggong ) kondisinya sudah baik bahkan sudah bisa dilalui kendaraan roa empat. Namun masuk ke wilayah Brebes ( Desa Patuguran ) kondisinya masih rusak, sehingga hanya layak di lalui sepede motor walapun jika yang sudah terbiasa ada juga kendaraan roda empat yang melewati jalan ini

4.
Jalan alternative dari Kecamatan Karang Pucung ( Kabupaten Cilacap ) melalui desa Tayem, Desa Darmaji,Desa Paningkaban,desa Cihonje ( Kabupten Cilacap ) kondisi jalan ini rusak parah sehingga tidak layak untuk dilalui kendaraan bermotor. Namun ada satu dua pengendara sepeda motor yang memaksa melalui jalan ini . Bagi yang tidak biasa sangat disarankan tidak melalui jalan ini.

5.
Jalan alternative melalui Paguyangan, Paku jati, atau Cipanas.
Kondisi jalan ini juga parah, Sebetulya dari arah Gumelar sampai Sokanandi ( perbatasan pekebunan Coklat Rumpun Antan ) Kondisinya sudah mulus ( baru diperbaiki ) namun sepajang perkebunan Coklat ( kurang lebih 4 km ) rusak parah sehingga sulit dilalui kendaraan sepeda motor sekalipun. Memasuki Wilayah Brebes ( desa Paku Jati ) kondisi jalanya juga sudah baik, dengan demikian jalan yang rusak parah jaraknya tidak terlalu panjang namun tetap saja sulit untuk dilalui.
Kedepan jalan ini layak untuk diperbaiki agar bisa dilewati karena disamping jalan yang rusak tidak begitu panjang , medan jalanya juga tidak terlalu naik turun.


Selain jalan alternative di atas perkembangan sekarang juga ada jalan yang layak dilewati untuk meperpendek jarak ( kurang lebih 4 Kilometer ) menuju ke kecamatan Gumelar khususnya dari arah Ajibarang. Rute jalan tersebut diawali dari Pasar Hewan Ajibarang kemudian melewati Desa Kracak ( Pertigaan Bali Desa Kracak belok kanan ) kemudian ujungnya adalah di pertigaan setelah pertigaan sawo jika dari arah Karang Bawang. Kondisi jalanya bagus ( Hot Mix ) namun sempit sehingga hanya nyaman dilewati mobil pribadi atau mobil ukuran sedang. Dan jalan ini konon kabarnya merupakan jalan asli bagi warga kecamatan Gumelar jika akan ke Ajibarang (pada saat masih jalan kaki.) jalan alternative ini sekarang menjadi pilihan utama bagi pengendara sepeda motor atau mobil pribadi baik yang akan menuju ke Kecamatan Gumelar atupun sebaliknya.
Demikian sekilas tentang kondisi jalan alternative menuju ke kecamatan Gumelar, semoga informasi ini bisa bermanfaat. ( meghoen 21/03/08 )




0 Comments: