selamat datang di gumelar.blogspot.com

Jumat, 15 Mei 2009

GOEMELAR TEMPO DOELOE ( BAG II)

KISAH PEMBANGUNAN JALAN KARANG - BAWANG GUMELAR




Jalan Raya Gumelar - Karang Bawang Dibangun pada tahun 1974- 1975, Sebelum tahun tersebut warga Kecamatan Gumelar jika ke Ajibarang harus berjalan kaki menempuh jarak kurang lebih 18-20 km. Jalur perjalanan ada dua yaitu melalui selatan yaitu Desa Cihonje,Desa Darmakradenan dan Desa Kracak, jika melalui utara maka melalui Desa Samudra ,Desa Cipanas, Desa Paguyangan.


Jika Warga Gumelar hendak ke Ajibarang,harus mulai berangkat pukul 4 dini hari, karena gelap warga harus membawa penerangan ,biasanya lampu petromaks atau obor. Dapat dibayangkan anak-anak sekolah pada saat itu jika hendak berangkat ke sekolah di Ajibarang atau Purwokerto sementara Jarak tempuh perjalanan kurang lebih 3 - 4 jam. Maka bersyukurlah kita yang hidup sekarang dan tidak mengalami harus berjalan kaki sedemikian jauh untuk menuntut ilmu.




(klik foto untuk memperbesar)

Papan Nama Proyek Jalan Gumelar Karang Bawang ( di Karang Anyar)

Proyek Jalan Gumelar- Karang Bawang sepanjang 18 km dibiayai oleh PEMDA Kabupaten Banyumas namun dengan keterbatasan dana, warga masyarakat dilibatkan untuk membantu pelaksanaan pembuatan jalan dengan cara kerja bhakti.




(klik foto untuk memperbesar)

Sesepuh desa sedang berdoa saat akan dimulainya proyek Jalan Gumelar Karang Bawang






(klik foto untuk memperbesar)

Lokasi Calon Jembatan Sungai Sompok






(klik foto untuk memperbesar)

Warga sedang menggarap lahan di Grumbul Kedemek Desa Gumelar





( klik foto untuk memperbesar)

Calon Lokasi Jembatan sungai tajum di Karang Anyar

Lokasi Jembatan Karang Anyar yang melintas di sungai Tajum mengalami beberapa kali pindah yang ahirnya di tempat sekarang. Penyebabnya adalah aliran sungai tajum yang sering berpindah-pindah sehingga lebar sungai sering bertambah.





(klik foto untuk memperbesar)

Sungai Tajum Bakal Lokasi Jembatan Cihonje




(klik foto untuk memperbesar)

Warga sedang kerja bakti membuat
Jalan Gumelar - Karng Bawang




(klik foto untuk memperbesar)

Warga Desa Tlaga Ikut Keja Bakti

Pembangunan Jalan Gumelar - Karang Bawang merupakan impian Warga Gumelar saat itu, sehingg warga dengan tulus iklahs bergiliran mengadakan kerja bakti untuk membantu proyek pembuatan jalan.



Sumber : Koleksi Foto Pemerintah Desa Gumelar
Olah foto dan Narasi : Tuk Banyumili

3 Comments:

Demal Community said...

Woi Wonk Gemblkunk kyeh cah Gml Sing nang Jkt...Nembe bae Gempa nih...area kemayoran dan sekitarnya merasakan kedasyatannya...uuuiihh...sereem...boo...salam bae kanggo cah IMAGE GML..i mis Yuuukkkk.by.(www.demal.cc.cc)....heee..

Unknown said...

Gambar njukut nang ndi kye

Anonim said...

maju terus gumelarku..buat demal walaikumsalam..