selamat datang di gumelar.blogspot.com

Jumat, 22 Mei 2009

JALAN-JALAN KE TAMENG...





Tiga hari lalu Selasa(19/05/2009) saya sempat berjalan kaki dari grumbul Cikalong menuju grumbul tameng Desa Cilangkap, ternyata kondisi jalan sepuluh tahun yang lalu dengan sekarang tidak jauh berbeda. Kendaraan roda empat di musim penghujan masih belum bisa melewati, atau pun kalau bisa harus dipaksakan dengan berbagai resiko baik bagi penumpang maupun kendaraanya. Jalan sepajang 3 km dengan lebar 3 m kondisinya sampai saat ini masih memperihatinkan, di beberapa lokasi terdapat longsoran, ada tebing di bawah jalan longsor atau tebing di atas jalan longsor ke jalan.

Menurut informasi ,tahun ini jalan menuju grumbul tersebut mulai di perbaiki oleh PEMDA Kabupaten Banyumas, sayangnya karena keterbatasan dana jalan yang bisa ditangani kurang lebih hanya 600 m. Angkutan utama jika musim penghujan seperti sekarang ini adalah ojek dengan menggunakan sepeda motor.bahkan konon kabaranya pernah ada warga yang tinggal di sebelah grumbul tameng harus menggunakan jasa angkutan ojek untuk mengangkut material bangunan dari pasir samapai semen,dapat dibayangkan berapa biaya yang di butuhkan .

Dengan kondisi seperti sekarang aktivitas warga tameng jika ingin keluar grumbul kebayakan harus jalan kaki kurang lebih sejauh 3 km, dan ini rutin dilakukan oleh anak-anak sekolah terutama di jenjang SMP yang memang hanya ada di luar Desa Cilangkap.

1 Comment:

Unknown said...

Tambah lagi artikelnya bro..