selamat datang di gumelar.blogspot.com

Minggu, 24 Mei 2009

PENAMBANG BATU DI KEDUNG URANG





Kecamatan Gumelar memang kaya dengan bahan tambang, Di Desa Karang Kemojing Banyak terdapat Batu Kapur atau gamping, dan Fospat. Di Desa Paningkaban dan Gancang terdapat emas, di cihonje Tanah kaolin sebagai bahan keramik,emas dan tanah merah sedang di Desa Samudra dan kedung Urang banyak terdapat bahan tambang batu gunung atau batu hitam.


Selama ini potensi bahan tambang di Kecamatan Gumelar sudah banyak di manfaatkan oleh penduduk setempat untuk mata pecaharian. Seperti di Grumbul Cimenga dan Cirangkong Desa Kedung Urang, Warga sudah puluhan tahun menambang batu hitam. Awalnya warga hanya menambang batu di pinggir jalan utama desa karena mudah transportasinya, namun karena sudah berlangsung puluhan tahun dan lokasi penambangan di pinggir jalan sudah habis, sekarang banyak warga akhirnya harus menambang di kebun-kebun yang jauh dari jalan utama.. Dan untuk mempermudah pengangkutan ,pengusaha batu hitam harus membuat jalan menuju lokasi penambangan.


Batu hitam dimanfaatkan oleh warga untuk membuat pondasi rumah,talud dan juga sebagai bahan pengerasan jalan. Konsumen Batu hitam di Grumbul Cimenga adalah Warga di Kecamatan Gumelar, Kecamatan Ajibarang,Kecamatan Pekuncen dan beberapa daerah lainya. Menurut Informasi terahir , Harga batu hitam adalah Rp. 250.000,- per engkel ( truk beroda belakang tunggal) yang biasanya berisi 3 rit batu., namun harga tersebut relatif tergantung jarak antar. Dan biasanya Batu Hitam akan ramai di beli orang ketika musim kemarau.


Foto oleh: wis teguh &ali
Olah Foto dan Narasi : Tuk Banyumili






2 Comments:

Anonim said...

Yang belum mungkin tambang batu ginjal yah... hehehe..

Anonim said...

ndebleg