selamat datang di gumelar.blogspot.com

Rabu, 06 Mei 2009

LETAK GEOGRAFIS & KONDISI ALAM

LETAK KECAMATAN GUMELAR :

Gumelar adalah sebuah Kecamatan di Kabupaten Banyumas Porpinsi Jawa Tengah, Letak kecamatan Gumelar adalah di ujung paling barat Kabupaten Banyumas. Kecamatan Gumelar sebelah Utara berbatasan dengan kabupaten Brebes, Sebelah Barat berbatasan dengan kabupaten Cilacap, Sebelah timur berbatasan dengan Kecamatan Ajibarang dan sebelah selatan berbatasan dengan kec. Wangon.


KONDISI ALAM :

Luas wilayah Kecamatan Gumelar adalah : 93,95 km2 ,berada pada ketinggian 250 m Diatas permukaan laut. Kondisi alam kecamatan Gumelar adalah dominan alam perbukitan . Jarang sekali ada tanah yang datar dan luas. Sehingga sebagian besar penduduk Gumelar bermukim di lereng-lereng perbukitan, Dengan keadaan seperti itu Kecamatan Gumelar Rawan bencana alam khususnya tanah longsor, dan bencana ini memang juga sudah terjadi beberapa kali dari yang skala kecil sampai yang menelan banyak korban jiwa.

Sebagian besar wilayah kecamatan Gumelar adalah terdiri dari tanah kering, hanya sedikit tanah dikecamatan Gumelar yang bisa dimanfaatkan untuk persawahan,sebagaian besar tanah di kecamatan Gumelar dimanfaatkan untuk perkebunan baik oleh masyarakat maupun Perkebunan milik PERHUTANI dan Sari Rumpun Antan.

Ada sebuah aliran sungai besar yang merupakan hulu dari sungai terbesar di wilayah Banyumas bagian barat yaitu Sungai TAJUM. Sungai ini berawal dari Desa Samudra kemudian melewati Desa Gumelar, Desa Cihonje dan memasuki wilayah Kecamatan Ajibarang.

0 Comments: