selamat datang di gumelar.blogspot.com

Rabu, 27 Mei 2009

BEBERAPA YANG BERUBAH DARI KOTA PURWOKERTO

Selama hampir satu tahun terahir kota Purwokerto sebagai Ibukota Kabupaten Banyumas mengalami beberapa perubahan, yang menonjol adalah berubahnya beberapa peraturan arus lalu lintas terutama mengenai jalur satu arah, dan juga ada sedikit perubahan wajah k0ta.

Perubahan arus lalu litantas di Purwokerto beberapa akan saya sebutkan di bawah ini :

1. Jl. Jenderal Soedirman Purwokerto:
  • Dahulu dari arah barat ( Karang Lewas ) kendaraan hanya boleh melintas ke arah timur sampai pertigaan Jl. Merdeka ( kompleks pertokoan Purwokerto Timur ) sampai pukul 17.00 WIB sekarang kendaraan bisa melalui Jalan Jenderal Soedirman dari mulai Pertigaan Sawangan sampai terakhir Bundaran Berkoh selama 24 jam penuh. Demikian juga dari arah timur , jika tadinya hanya sampai Pertigaan DI. Panjahitan sekarang sudah di perbolehkan ke arah barat sampai pertigaan sawangan ( Sepanjang Jl. Jenderal Soedirman ). Singkatnya seluruh ruas Jl. Jenderal Soedirman Sudah berlaku jalan untuk 2 arah.
2. Jalan Jenderal Gatot Subroto
  • Dahulu Jl. Jenderal Gatot Subroto dari arah Timur hanya di Perbolehkan sampai perempatan Kantor PM Kebondalem Purwokerto, Sekarang Boleh ke arah barat namun sampai depan SMA 2 Purwokerto belok ke kiri melalui Jl. Kol. Sugiono, setelah jam 15.00 (dahulu pukul 17.00 WIB ) baru bebas ke arah barat.
3. Jalan Kombes Suprapto
  • Dahulu dari arah Timur ( Dukuh Waluh ) menuju ke barat hanya boleh sampai pertigaan MT Haryono, sekarang jalan tersebut telah berlaku dua arah.
  • Dan ada beberapa perubahan arus lainya yang tidak kami sebutkan.

Wajah Purwokerto

Selain masalah arus lalu lintas, wajah Kota Purwokerto juga sedikit ada perubahan, Seperti Alun-alun Kota Purwokerto sudah terliahat lebih cantik, Karena sekarang Alun-alun sudah Bebas dari pedagang kaki lima, dan sudah mengalami beberapa kali renovasi.

Bangunan Bekas rumah sakit Umum di Jl. Dr. Angka sekarang juga sudah berdiri megah Rumah sakit Geriatri pertama di Jawa Tengah yang di kelola oleh RSUD Margono Soekarjo. Bangunan Rumah sakit tersebut selain besar dan megah juga menggunakan arsitektur modern. Rumah sakit tersebut di tujukan untuk perawatan Lansia.

Yang sekarang sedang mulai di kerjakan adalah Pelebaran Jl. Dr. Angka dari perempatan Karang Kobar sampai Perempatan DKT. Pohon-pohon besar yang rindang di kanan kiri jalan sekarang di tebang guna memperlebar jalan.

Selain bangunan-bangunan tersebut sekarang di Kota Purwokerto juga Tengah marak pembangunan Rumah Toko atau Ruko. Dengan adanya pembangunan ruko ini memang sedikit banyak merubah Wajah kota. Banyak bermunculan Kompleks ruko baru seperti di Jl. Jend. Soedirman Timur, Jl. Gatot Subroto, Jl. A yani, Jl Gerilya dan lain-lain. ( tuk )



Wajah Alun-alun Purwokerto Sekarang Diambil dari sisi barat


Rumah Sakit Geriatri di Jl. dr. Angka


Proyek Pelebaran jl. Dr angka, di Depan SMA Veteran Purwokerto


Foto & narasi : Tuk Banyumili




0 Comments: